Sehat Alami

Sehat Alami

Sudah sehatkah kita?

Sehat merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Kondisi alam yang kurang bersahabat saat ini mengharuskan kita untuk pandai menjaga kesahatan. Membiasakan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan banyak berolah raga, menjaga kebersihan baik pribadi maupun lingkungan sekitar, dan yang terpenting menjaga pola makan sehat setiap harinya.

Pola makan sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.Buah dan sayur merupakan salah satu diantaranya. Setiap buah dan sayuran tersebut mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya untuk menganti vitamin yang hilang saat kita beraktifitas sehari-hari.sehingga kita tidak perlu lagi menkonsumsi obat-obatan berbahan kimia untuk sumber vitamin. Allah telah menciptakan alam beserta beserta isinya agar dapat bermanfaat bagi semua makluknya, terutama manusia. Sudah sepatutnyalah kita memanfaatkan kekayaan alam ini dengan sebaik-baiknya.

Mari kita cari tahu manfaat mengkonsumsi buah dan sayur!

Ada beberapa buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk menjaga sistem imunitas pada tubuh kita. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal efek radikal bebas akibat sinar matahari berlebih yang bisa mengakibatkan penyakit kanker kulit . Vitamin C juga memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Vitamin ini mudah larut dalam air sehingga bila vitamin yang dikonsumsi melebihi yang dibutuhkan, kelebihan tersebut akan dibuang dalam urine. Karena tidak disimpan dalam tubuh, vitamin C sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Dosis yang rata-rata dibutuhkan bagi orang dewasa adalah 60-90 mg/hari. Tapi bisa juga lebih tergantung kondisi tubuh dan daya tahan masing-masing orang yang berbeda-beda. Batas maksimum yang diizinkan untuk mengkonsumsi vitamin C adalah 1000 mg/hari.

Adapun buah yang banyak mengandung mengandung vitamin C umumnya buah yang memiliki rasa asam. Seperti jeruk, stawberi, mangga, anggur, dll. Manfaat buah-buah tersebut akan dijelaskan lebih lanjut.

Enak dan bermanfaat

Buah ManggaM A N G G A

Kandungan Gizi & Manfaat Buah Mangga untuk kesehatan

Buah mangga, konon berasal dari Negara yang terkenal dengan artis Bollywood-nya ini memiliki kandungan zat gizi, diantaranya karbohidrat, fiboflavin, asam organic, vitamin (B1, B2 dan C). Bahkan ekstrak kulit batang,ekstrak buah mentah, batang dan daunnya bermanfaat, yakni sebagai antibiotic. Selain itu mangga juga mempunyai khasiat sebagai antialergi, antioksidan, antibakteri yang bermanfaat dalam pembuangan racun, meningkatkan energi, dan meningkatkan daya tahan tubuh( imunostimulan).

Buah Mangga sebagai Obat

Kandungan Gizi buah mangga yang cukup banyak dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Rebusan kulit mangga dengan 150 gram air, diminum tiga kali sehari dapat mengobati penyakit kulit seperti eksim hal ini karena kandungan gizi mangga meningkatkan daya tahan tubuh (imonostimulan). Mangga menstimulasi system imun sehingga membantu melindungi selaput lender dan kulit dari serangan bakteri maupun alergi.

Mangga kini hadir sebagai salah satu produk kecantikan, seperti body lotion body splash, dll. Lemak biji mangga memiliki kandunan asid stearik yang baik jika dimanfaatkan sebagai sabun.

Nurfi Afriansyah, peneliti pada Pusat Litbang Gizi Departemen Kesehatan RI, menyarankan kepada Anda yang ingin membeli mangga bisa memilih mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan aroma yang manis. Hindarilah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi. Semoga anda dapat menikmati khasiat buah mangga yang anda beli.

belimbing wuluh BELIMBING WULUH


Kandungan Gizi & Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk kesehatan

Belimbing Wuluh mengandung protein, kalsium, fosfor dan besi, serta vitamin A, B1, dan C. Belimbing wuluh efektif untuk antikanker karena fungsi mereka sebagai antioksidan yang dapat mengeruk sampah untuk mencari radikal bebas dalam tubuh.

Belimbing wuluh merupakan obat herbal yang cukup baik untuk meyembuhkan gatal dan batuk kering yang disebabkan oleh polusi udara dan perokok berat,serta TBC dan Jerawat. Cara mengkonsumsinya cukup dengan mencampurkan belimbing wuluh dengan segelas air hangat lalu aduk. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu sebagai pemanis untuk mengurangi rasa asamnya. Selain penyembuhan batuk gatal dan kering, herbal ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal kulit yang disebabkan oleh penyakit kulit atau jamur kulit. Dalam sel belimbing wuluh, mengandung pektin yang merupakan zat pembentuk gel. Pektin dapat mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus.

Buah Jeruk J E R U K


Kandungan Gizi & manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Buah jeruk merupakan buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang berkhasiat sebagai anti tumor. Selain itu jeruk juga dapat mengatasi kekurangan asam perut, melancarkan pencernaan, dan juga bermanfaat sebagai obat diare yang disebabkan disentri.

Kita dapat menemukan berbagai jenis jeruk, diantaranya, jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk limo, jeruk bali,dll. Semua jenis jeruk itu secara umum memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak dan manfaatnya sangat banyak.

Pada jeruk lemon, kandungan limonenanya mampu menghilangkan batu empedu. Kandungan limonene tertinggi dapat dijumpai pada bagian spon putih dari daging lemon. Sementara itu daging buahnya yang kaya akan pectin mampu menurunkan kolesterol darah. Manfaat lainnya dapat dijumpai pada jeruk nipis yang biasa digunakan untuk kecantikan, yakni membuat pri-pori mengecil dan mengatasi kulit berminyak berlebih.

Bagi anda yang bermasalah dengan jerawat di wajah anda dapat memanfaatkan biji jeruk sebagai obat penghilang jerawat. Adapun yang harus anda lakukan yaitu dengan memilih biji jeruk manis yang masih mentah, lalu dikeringkan. Beri sedikit air dan giling hingga menjadi pasta. Setiap malam oleskan jerawat dengan pasta tersebut, lakukan secara berkala hingga jerawat pada wajah anda berkurang.

Buah Strawberri S T R A W B E R R Y


Kandungan Gizi & manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan

Strawberry merupakan sebuah genus tumbuhan dalam keluarga Rosaceae. Warga Rosaceae ini mengandung antioksidan ellagic acid. Antioksidan ini dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, servix, dan lidah.

Hal ini di buktikan oleh peneliti di Amerika yang menyatakan bahwa Strawberri dapat mengurangi resiko kanker dari asap rokok. Sebagai obat tradisional, Strawberry diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan.

Strawberry kaya vitamin C, serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic. Strawberry memiliki kandungan vitamin C sebanyak 56.7 mg per 100 gram. Dengan kandungan itu Strawberry mampu mengurangi resiko terserang penyakit kanker hingga 37% seperti yang dirilis The Iowa Women’s Health Study. Selain itu Strawberri diyakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.

Strawberry sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak karena kaya vitamin C, Ampuh melawan encok dan radang sendi, Membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya, Menyusutkan kadar kolesterol, Mengandung zat anti alergi dan anti radang, Efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (oksidasi yaitu hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas), Cocok buat diet bagi pengidap diabetes, Dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal anti keriput, Efektif menghentikan serangan diare. (Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun Strawberri tiap hari).

Untuk kesehatan Strawberry paling bagus dimakan dalam keadaan segar, utuh maupun dijadikan juice. Jika dijadikan makanan olahan khasiatnya sangat berkurang. Usahakan mengkonsumsi Strawberry yang segar.

Penyimpanan buah ini harus ekstra hati-hati. Strawberry yang mulai membusuk dapat menular dengan cepat ke yang lain. Strawberry dapat bertahan empat hari di lemari es. Namun jika di freezer buah ini mampu bertahan selama satu bulan dengan cara penyimpanan yang benar.

Atur Strawberry secara terpisah lalu bekukan. Setelah beku siram dengan air dan masukkan ke dalam plastik, lalu bekukan lagi. Cara ini cocok untuk membuat juice.

Dengan banyaknya kegunaan Strawberry, buah ini memang cocok disebut buah cinta. Buah yang dapat menjadi kado penuh cinta dari anda untuk kesehatan tubuh anda sendiri.

Iklan

66 Tanggapan so far »

  1. 1

    Abu Ghareeb said,

    Alhamdulillah,, nambah lagi dech pengetahuan ane. . . . . Ternyata biji jeruk bisa buat jerawat juga ya . . . . . lumayan tuh daripada beli produk orang kafir . . . .

  2. 6

    sirius_snape said,

    walaupun blog ini baru dan masih sedikit isinya.. tapi bagi gw, dampak blog ini bagus banget walau yang buat ini masih pada anak muda.. chayoo ya… n gw tunggu lagi posting berikutnya!!
    JANGAN LAMA-LAMA… key…!!

  3. 7

    CiCil said,

    Blog baru, tapi cukup berbobot.
    Ditunggu posting berikutnya…

  4. 8

    siti mulyani said,

    oooh.. ini toh yang dibilang sama PujiBoys….
    ok sang ketu…. semangath ya dalam menjalankan blog barunya…
    bagus lho..
    walo lo dan kawan-kawan lo masih mahasiswa..
    tapi punya pemikiran seperti ini…

    OK.. GW TUNGGU SELANJUTNYA YA…..!!!
    JANGAN LAMA-LAMA..

  5. 11

    vincent_dudh said,

    Yah, kok masih seDikiT seH..
    Yan9 baNyaK donK n9poStin9na!
    req dunk… bahas tt9 maKanaN oR JaJaNaN yan9 seHat dan alami…

  6. 13

    nata said,

    Keren blognya

  7. 15

    feriyanto sekti wibowo said,

    perlu dong makan buah biar bisa sehat hehehe

  8. 17

    Robot said,

    Request tips2 donk
    Kaya tips menjaga kondisi badan buat orang yang vegetarian

  9. 18

    haha said,

    Bagus
    Ada yg buat ngelangsingin badan g?

  10. 20

    Wow said,

    Ada Bahan2 alami yang bisa ningkatin stamina g?

  11. 22

    Lorent said,

    W mw request buah anggur donk….

  12. 23

    Sheren said,

    Ada rempah2 yg bikin kulit halus g?

  13. 25

    Annisa Rizkiana said,

    Kalo gw,
    makanan sehat yang ga berlemak

  14. 26

    Marya said,

    W suka blog ini…
    LANJUTKAN

  15. 30

    raden elyasa said,

    Memang banyak kemudahan yang diberikan Sang Penciota untuk kita , tapi entah mengapa kita terkesan acuh dengan apa yang diberikan-Nya , jadilah sehat karena sehat itu nikmat

  16. 32

    gina said,

    bagus”… keren…. gw suka blognya ^^
    tp ada baikny dipertimbangkan soal golongan darah, karena gw pernah baca, ada beberapa buah yg memberi efek yg bereda utk golongan darah yg berbeda, dan hasil alam kan bukan hanya buah, ada baiknya ditambahin lagi tentang hasil alamnya. Good luck ya ^^

  17. 34

    PG Sambodo said,

    ada tips bwat ngurangin jerawat gak???

  18. 40

    kisswisuda said,

    wah keren, seger” n sehat” kyknya…<3
    saran blh y: gimana klo juga di sediakan narasumber biar lebih terpercaya, jadi gak asal nemu/ambil bahan aja… (atau jangan" udah ada lagi, hehehe…)

    keep posting, semangat…!!!

  19. 42

    PG Sambodo said,

    ada tips jitu wat ngurangin jerawat gag??

  20. 43

    PG_Sambodo said,

    adakah tips untuk mengurangi jerawat yang nakal???

  21. 44

    raydi said,

    aslmkum sy mau nanya dong, saya ni seorang olahragawan kampus sy mau tau dengan byknya energi yg byk sy keluarkan pada saat latihan tiap harinya bgmna pola mkn yg baik untuk sy agar sy tetap menjaga kondisi tubuh saya agar tetap stabil….”

    trus saya punya temen dia seorang vegetarian yg mau sy tanya kan pa tidak ap2…?
    terimakasih ya sebelumnya…”

  22. 46

    Black said,

    yang alami-alami!

  23. 47

    Prima said,

    Nice info… 🙂

    tambahin daun ganja.. tu kan alami juga.. haghaghag… 😀

  24. 48

    ariez said,

    bagus juga…..????
    saya suka dengan karya anda….????

  25. 49

    ariez said,

    saya suka dengan karya anda…!

  26. 50

    RIPIN SUMA said,

    wah….bagus sekali, tetapi hrs diuji dulu kebenarannya baru lebih mantap !

  27. 51

    Mas Ady said,

    wah bagus banget nih artikel…..obat tradisional nan mujarab,
    mudah2 an banyak manfaatnya ya…….

  28. 52

    iiihhh kerennn.. tx yaaa udah nyuruh gw buka blog lo.. coz gw jadi lebih tw mendetail tentang manfaat buah2an.. ada ga yaa buah2an yang bisa bwt gw langsung kurus ? ? hhee ^^
    SMANGAD kawand.. !!

  29. 53

    ifa said,

    bagus” artikel’y… apalagi dijelasin jg ttg manfaat buah”an’y…
    tambah artikel lebih byk lg ya…
    oia, klo buah alpukat manfaat’y apa aja?? coz, gw suka jus alpukat…
    moga selalu bermanfaat yaa… ^_^

  30. 54

    alpha said,

    bagus…bisa buat informasih buat orang banyak..
    nambah pengetahuan juga,,kan masih banyak tuh orang yg lom tau manfaat dari buah”an yg biasa di konsumsi..
    jadi dari blog ini bisa kasih pelajaran banyak bgt buat pembacanya…
    jadi pembacanya juga bisa lebih termotivasi untuk lebih menerapkan pola ihidup sehat n lebih banyak lagi mengkonsumsi buah”an segar…
    hehehehehhe

  31. 55

    endro said,

    bagus banget artikelnya.kita jadi tau tentang kasiat atau manfaat dari buah-buhan.

    saya mau tanya dong.
    kan ada orang yang melihat buah atau buah sayur dah kaya melihat setan.
    seperti rambutan. ada temen saya melihat rambutan malesssss gitu bilangnya.
    padahal dia sudah melihat artikel seperti diatas itu.

    padahal kan dirambutan mungkin ada vitamin atau manfaat yang lain kan.

    nah bagaimana caranya menimbulkan minat sesorang dari yang ga suka pada buah tertentu jadi menyukainya.

    makasih sebelumnya.

  32. 56

    Anton Fbf Lamury said,

    Anak muda yg berpotensi…Blog ini bagus banget&sangat bermanfaat…Sehat alami dengan buah2an yg ada disekitar kita…Sehat ga harus mahal…
    Sukses ya…Ditunggu update-nya…
    Tuhan memberkati…

  33. 57

    daryanto said,

    alam memang selalu memberikan yang terbaik..
    thx untuk informasi yg bener2 berguna

  34. 58

    liaaaaa said,

    ayooooo memperbanyak mengkonsumsi buah2an..
    sehat itu mahaaall lhoo.. hhehe

  35. 59

    Roland said,

    Bagusss…

  36. 60

    nda said,

    bagus,,,, pengetahuan baru buat aku…hehehehehehe
    klo ada lagi boleh tuh….
    ^^,

  37. 61

    aRa said,

    sudah terbukti belum kalau biji jeruk manis bisa dijadikan obat jerawat?

  38. 62

    aRa said,

    boleh tahu gk nama anda sapa?
    atau narasumber yang menuliskan ini siapa, soalnya saya butuh ini buat refrensi. makasih.^^

  39. 63

    Alexandra said,

    like this 🙂

  40. 64

    Muwna said,

    Assalamualikum.. wah SubhanaAllah ya.. uda alami menyehatkan pula jadi tak perlu pakai bahan2 kimia deh… ciptaanNya memang tak ada yang tak bergunaa… makasih atas infonya…

  41. 65

    mas maaf mau tanya apa perbedaan dari pisang cavendish dengan pisang ambon putih, ada bilang sama, dan ada yang bilang berbeda,,, menurut mas gmnA?

  42. 66

    ayu said,

    wah, seru banget untuk dibaca…trimakasih untuk ilmunya^^


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: