JAHE

♣ Cari Tahu Kandungan Gizi Jahe ♣

Jahe adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, dan sekarang juga dibudidayakan di Jamaika dan daerah tropis lainnya.Banyak manfaat yang akan kita peroleh dalam kebiasaan mengonsumsi tanaman alami. Dari dalam tanaman-tanaman tersebut benyak mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, terutama sebagai pengganti zat gizi yang hilang akibat aktivitas yang kita lakukan setiap harinya.  Diantara sekian banyak jenis tumbuhan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh adalah jahe. Tumbuhan akar-akaran ini sudah terkenal khasiatnya, khususnya di bangsa kita. Nenek moyang kita telah memanfaatkan khasiat  jahe dengan menjadikannya sebagai obat tradisoinal, jamu. Dan dinyatakan ampuh untuk mengatasi masuk angin, perut kembung, dll. Jahe adalah rempah-rempah alami dan terkenal di seluruh dunia karena bau dan rasa tajamnya. Jahe telah digunakan oleh herbalists Cina selama lebih dari 2.500 tahun sebagai bumbu dalam makanan yang akan menciptakan makanan enak dan sehat bergizi dan juga sebagai obat.

Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa jahe mempunyai sifat antioksidan. Beberapa komponen bioaktif utama dalam jahe adalah : 4-diarilheptanoid, shogaol, gingerol, dan gingeron memiliki aktivitas antioksidan di atas vitamin E. Jahe ternyata mengandung berbagai senyawa fenolik yang dapat diekstrak dengan pelarut organik dan menghasilkan minyak yang disebut oloeresin. Dalam oloeresin jahe banyak terkandung senyawa fenolik seperti gingerol dan shogaol yang mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi melebihi aktivitas antioksidan vitamin E (Zakaria, 2005). Komponen dalam jahe yaitu gingerol dan shogaol mempunyai aktifitas antirematik. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Jahe Sebagai Obat

  • Pengobatan kanker indung telur
    Jahe merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, seperti yang dikutip situs healthdiaries menemukan, tepung jahe efektif membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada indung telur.
  • Mencegah kanker kolon
    Sebuah studi dari Universitas Minnesota menemukan, jahe juga bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal.
  • Penyembuhan mual akibat hamil
    Hasil review dari beberapa studi menunjukkan, jahe juga sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi mual yang dipicu oleh kehamilan.
  • Atasi mual saat bepergian
  • Mengurangi rasa sakit dan peradangan
    Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe mengandung anti peradangan serta kandungan pembunuh rasa sakit alami.
  • Redakan mulas atau rasa panas dalam perut
    Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami mengatasi mulas. Biasanya jahe dipadukan dengan teh.
  • Mencegah dan mengatasi flu
    Jahe juga telah lama digunakan sebagai pengobatan alami flu dan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala kondisi pernafasan, pilek dan alergi. Ada juga penemuan yang menunjukkan kalau jahe juga membantu mengatasi masalah perut atau keracunan makanan. Selain itu, jahe juga baik untuk saluran pencernaan.
  • Meredakan migraine
  • Jahe minyak yang digunakan untuk massage , dapat membantu meringankan artritis menyakitkan
  • Jahe akan menghentikan kerja prostaglandin, penyebab rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah
    Meredakan kram yang biasa terasa saat menstruasi
  • Mencegah rasa sakit akibat diabetes
    Sebuah studi yang dilakukan pada tikus penderita diabetes menemukan, tikus yang diberikan jahe mengalami penurunan kejadian rasa sakit akibat diabetes.
  • Mengatasi radang sendi dan nyeri lambung, kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan nafsu makan. Jahe juga melindungi system pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung. Senyawa aseton dan methanol pada jahe juga mampu menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, manfaatnya nyeri lambung bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jahe

Jahe sering dicantumkan dalam berbagai herbal dekongestan dan dengan semua manfaat jahe, jahe menjadi ramuan obat yang sangat cepat populer.

Cara mengolah Jahe :

Dapat diparut dan digunakan untuk memasak. Hal ini juga tersedia sebagai suplemen yang dapat diambil pada basis harian. Jahe dicampur dengan air jeruk nipis yang diencerkan dapat  menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi gas dalam perut. Dapat dibuat menjadi minyak dan digunakan untuk memijat area terlokalisasi nyeri kronis. Ini juga dapat diambil dalam bentuk ekstrak untuk mengurangi peradangan. Jahe dapat digunakan dalam bentuk pil ekstrak dan dosis untuk ini adalah 100 hingga 200mg sampai tiga kali sehari. Bubuk jahe segar dapat dikonsumsi tiga kali sehari, ½ -¾ dari satu sendok teh. Jahe segar dapat dimakan setiap empat jam tetapi tidak lebih dari tiga kali sehari dan harus kira-kira ½ inci dan dikupas. Teh jahe yang dikemas dapat dikonsumsi beberapa kali sehari. Kristalisasi jahe dapat dikonsumsi dua kali sehari. Dengan berbagai macam produk yang tersedia dan jahe dengan manfaat yang semakin meningkat, jahe adalah sesuatu yang setiap orang harus miliki di rumah mereka.

Informasi tambahan,

tidak ada efek samping dari jahe. Jahe tidak berinteraksi dengan nutrisi lain atau obat-obatan di dalam tubuh dan jahe dalam segala bentuk sangat aman untuk dikonsumsi. Jahe kapsul harus diminum dengan segelas penuh air. Jahe dapat dikonsumsi sehari setelah operasi untuk mencegah mual pasca operasi, tetapi harus berhenti di sedikitnya tiga sampai empat hari sebelum operasi, karena fakta bahwa ia dapat membuat kurang lengketnya platelet darah sehingga dapat  meningkatkan risiko perdarahan. Bagi orang-orang menjalani radioterapi atau kemoterapi, mengkonsumsi jahe dengan makanan dapat membantu mengurangi iritasi lambung.

Namun ada beberapa peringatan yang direkomendasikan. Ini termasuk tidak mengkonsumsi jahe selama lebih dari dua bulan pertama kehamilan dan tidak lebih dari 250 mg empat kali sehari. Orang dengan batu empedu harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi jahe karena dapat meningkatkan aliran empedu. Jahe memberikan vitamin, nutrisi, asam amino, enzim, dan lebih dari 70 bahan aktif.

Iklan

27 Tanggapan so far »

  1. 1

    hari said,

    penting dan berguna

  2. 8

    irwan diet said,

    Yang ini lengkap banget. Thanks ya atas infonya.

  3. 9

    Alex said,

    Huhhuuhh bermanfaat sekali jahe tuk lambung…
    Baru tahu saya…

  4. 14

    NN said,

    Woww… keren…..

  5. 17

    Haha said,

    Blog yg bagus

  6. 19

    bacem said,

    wew…
    ga nyangka ada bginian…
    nice…
    keep up the gud work

  7. 21

    herly said,

    artikel bagus nih buat nambah pengetahuan tentang ramuan tradisional. hahaha

  8. 22

    Yolan said,

    Kreatif yang bikin…

  9. 23

    Deni said,

    Kembangkan trussss

  10. 24

    Rana said,

    Sumpah…
    Jarang2 ni blog…

  11. 25

    naluwisme said,

    besok q praktikum mbuat minyak jahe lho…
    doaen minyakx kluar bnyk y….

  12. 26

    Najamuddin Muhammad said,

    makasih…sedikit bri info

  13. 27

    Agustian Nax Noelapan said,

    eh kandunagn gizi dalam sekoteng itu apa aja tolong kasih tau aku y kalau tau


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: