KUNYIT

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah dan obat. Hampir setiap orang Indonesia dan Asia pada umumnya pernah mengonsumsi rempah ini. Baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu dan beragam hal lain di bidang kesehatan dan kecantikan.

Kunyit masih satu family dengan Jahe dengan nama latin Curcuma Longa Koen atau Curcuma domestica Val. Dari daun sampai ke rimpangnya banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan obat.

Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit yaitu senyawa curcuminoid yang memberikan warna kuning pada kunyit. Melalui penelitian, senyawa ini memiliki kemampuan melindungi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dengan menetralisir radikal bebas tersebut serta mencegah pembentukan radikal yang baru. Adanya antioksidan pada kunyit menjadikan kunyit sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Selain itu, curcumin berpengaruh pada sintesis senyawa yang menjadi penyebab inflamasi dengan menghambat biosintesis leukotrien dan berefek pada produksi prostaglandin. Kedua zat ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan panas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terjadi perbaikan yang nyata antara kurkumin dan fenilbutason.

Kunyit juga bermanfaat untuk melindungi hati. Kunyit banyak digunakan sebagai makanan pendamping bagi penderita lever. Bagi wanita kunyit sangat mujarab untuk menyembuhkan haid yang tidak teratur, melancarkan aliran darah, melarutkan gumpalan darah dan dijadikan resep untuk mengobati sakit perut.

Tips Kesehatan

Untuk menghilangkan nyeri dan antiradang, parut rimpang kulit yang telah dibuang kulitnya sebanyak 200 gram. Tambahkan dua sendok makan air panas, lalu diaduk. Peras dan saring airnya, untuk lebih mujarab tambahkan satu sendok madu. Minum sekaligus.

Bagi penderita Diabetes Melitus, sediakan 3 rimpang kunyit dan ½ sendok the garam. Rebus kedua bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum dua kali seminggu setengah gelas.

Untuk mengatasi perut mulas pada saat haid, sediakan kunyit sebesar 4 cm, rimpang jahe sebesar 4 cm, dan ½ rimpang kencur sebesar 4 cm. cuci yang bersih, parut dan ambil airnya. Tambahkan dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan ½ gelas air panas dan disaring. Tambahkan garam dan gula secukupnya dan minum pada hari pertama haid.

Selamat mencoba….♥

Iklan

11 Tanggapan so far »

  1. 1

    sirius_snape said,

    Oh ya… Denger2 kunyit juga bisa dibuat jadi obat kanker lho. Kayanya kegunaannya kurang banyak neh.
    Ditambah lagi donk. Biar makin banyak pengetahuannya.

  2. 5

    silvia dian said,

    Iya, kurang tuh. Direposting lagi aja. Biar + lagi ilmunya. Kalo keseluruhan seh udah bagus.

  3. 6

    gregorius_casper said,

    Bagus kok fan isi blog kelompokmu, cuma kurang banyak. Ok, semangat ya. Nanti aku pantau lagi.

  4. 7

    irwan diet said,

    Positngnya masih kurang banyak. Tapi secara isi masing2 posting baguk koq. Sukses ya.

  5. 8

    Udh gw buka ya fan. Postingnya jgn lama2. Msh keliatan sedikit neh isi blognya. Kalo bisa dibanyakin topiknya. Gmn?

  6. 9

    Nanda said,

    Kunyit + asem bisa buat bersihin darah,.

  7. 10

    eton said,

    cintai produk lokal….kunyit baik bwt kesehatan…hehe

  8. 11

    bejho said,

    makash tuk info…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: