PISANG Bag. 1

PISANG

Ada ratusan jenis pisang di idonesia. Kenali jenisnya, rasakan kelezatannya, dan nikmati khasiatnya.

Jika anda sulit membedakan jenis-jenis pisang, anda tak sendiri. Banyaknya jenis pisang dengan bentuk dan warna yang mirip membuat orang awam agak sukar membedakannya. Paling-paling yang hafal di luar kepala hanyalah pisang ambon, jenis pisang yang paling mudah didapat, manis, dan beraroma harum.

SEMUA BAGIAN BISA DIMAKAN

Pisang berasal dari India, Brasil, dan Asia Tenggara. Karena migrasi penduduk, buah ini menyebar dan jadi popular hingga ke Afrika dan Amerika. Tak kenal musim, bergizi tinggi, da tergolong murah merupakan keistimewaan yang ditawarkan pisang.

Indonesia merupakan Negara penghasil pisang nomor empat terbesar di dunia. Tak heran jika di berbagai daerah pisang cukup popular diolah menjadi bermacam makanan. Mulai dari keripik pisang asal Lampung, pisang sale khas Bandung, pisang mole nasal Bogor, hingga sajian pisang roa dari Manado yang unik karena disantap bersama sambal.

Tanaman pisang sangat multifungsi. Batangnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan pupuk kompos. Batang pohon pisang yang dikeringkan kini malah bermanfaat untuk dibuat beraneka barang kerajinan, mulai dari tekstil, tikar, sampai tas tangan. Daun pisang segar merupakan baha pembungkus makanan alami. Daun pisang menyumbangkan aroma harum yang membuat makanan jadi terasa lebih enak. Daun pisang juga bisa sebagai pakan ternak.

Bunga atau jantung pisang juga lezat diolah menjadi masakan. Kandungan seratnya tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Dari semua bagian tanaman pisang yang paling popular adalah buahnya. Buah pisang dapat dimakan segar maupun diolah menjadi pisang goring, rebus, kukus, kolak pisang, atau sale pisang.

Sedangkan kulit buah pisang, selain digunakn sebagai pakan ternak karena nilai gizinya yang tinggi dan aromanya yang wangi, juga dipakai untuk membuat vinegar, wine kulit pisang, hingga sampo dan conditioner.

Pisang matang mudah rusak karena kadar airnya cukup tinggi. Untuk memperpanjang umur simpan, buah pisang sering diolah menjadi beberapa produk. Buah pisang mentah bisa diolah menjadi tepung pisang untuk membuat aneka biscuit yang cocok untuk anak autis(tidak mengandung gluten). Selain itu, pisang matang juga diolah menjadi dodol, selai, minuman instan, dan tepung pisang matang.

Banyak Manfaatnya

Pisang meja memiliki kadar gula yang sedikit lebih banyak dibandingkan pisang olah. Karena itu saaaaaat dimakn langsung pisang meja rasanya lebih manis daripada pisang olah.

Kadar gula dalam pisang jauh lebih tinggi dibandingkan buah-buahan segar lainnya. Kira-kira dua kali lipat dibandingkan buah pir dan apel, dan tiga kali lipat dibandingkan buah jeruk. Oleh sebab itu, pisang bisa menyediakan cadangan energy dengan cepat bila dibutuhkan.

Pisang kaya serat, vitamin C, dan kalium. Serat yang berisi pectin berkhasiat memperlancar buang air besar dan mengingatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga kolesterol tetap berada dalam usus, tidak ”berjalan-jalan” ke pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah jantung.

Kalium adalah mineral yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membvantu metabolism sel, mengantar pesan saraf ke otot, serta berperan dalam menjaga detak jantung dan tekanan darah. Karena itu, kalium juga dapat mengurangi resiko terserang stroke.

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin. Pisang meja sering disarankan untuk mereka yang menderita gangguan pencernaan (Coeliac disease) karena jenis karbohidrat dalam pisang sangat mudah dicerna.

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    liaaaaa said,

    baru tauu kalo semua bagian pisang bisa dimakan..

  2. 2

    irwan diet said,

    Fan mana posting yang barunya nih?


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: