Pisang Bag. 2

Setelah kita mengenal bagian-bagian dari pisang beserta manfaatnya, kali ini kami mencoba memyegarkan ingatan anda kembali terhadap jenis-jenis pisang yang banyak kita temui di pasaran. Disini kami akan membagi dalam dua bagian. Pisang yang langsung disantap dan yang harus diolah terlebih dahulu.

  1. LANGSUNG DISANTAP
PISANG AMBON

Kulitnya halus dan akan berubah warna menjadi kuning jika matang pada suhu kamar. Daging buahnya berwarna agak krem, harum dan rasanya manis.

PISANG RAJA BULU

Buahnya berukuran agak besar, kulitnya tebal dan agak kasar, akan berwarna kuning bila matang. Daging buahnya berwarna krem kekuningan, agak berbulu (tidak mulus permukaan daging buahnya). Rasanya legit dan sangat manis.

PISANG AMBON LUMUT

Warna kulitnya hijau sampai hijau kekuningan (bila matang). Daging buahnya berwarna lebih putih, lebih kecil, dan lebih manis dibandingkan pisang ambon. Aromanya mirip dengan pisang ambon.

PISANG EMAS

Buahnya kecil dengan panjang 8-12 cm, diameter 3-4 cm. kulitnya tipis dan akan berwarna kuning keemasan jika matang. Daging buahnya harum, bertekstur halus, berwarna kuning terang, dan rasanya sangat manis.

PISANG RAJA SERAI

Jenis pisang ini juga popular di Filipina dan Malaysia. Kulit buahnya tipis, berwarna kuning sampai cokelat dan berbintik-bintik cokelat gelap setelah matang. Daging buahnya lunak, berwarna putih, rasanya asam manis, dan aromanya tidak terlalu tajam

PISANG BARANGAN

Mirip pisang raja, hanya kulitnya tidak setebal pisang raja. Ukuran buahnya sekitar 6-8 cm. tekstur tubuhnya lunak di bagian tepid an makin keras ke bagian dalam, dengan rasa asam manis yang legit. Dagingnya berwarna putih kekuningan.

  1. HARUS DIOLAH DULU
PISANG TANDUK

Panjangnya 30-40 cm, diameter dagingnya 4-5 cm. ujungnya meruncing seperti tanduk. Kulit buah berwarna kuning kecokelatan dan berbintik-bintik cokelat ketika buah matang. Bisa dikukus atau digoreng.

PISANG KEPOK

Buahnya gendut dengan bentuk agak persegi, berkulit tebal, berwarna hijau ketika mentah dan menjadi kuning pucat jika matang. Daging buah berwarna krem dan bertekstur halus. Biasanya dikukus atau digoreng.

PISANG NANGKA

Bentuknya menyerupai pisang tanduk hanya ukurannya lebih pendek (8-10 cm). walaupun sudah matang, warna kulitnya tetap hijau. Tekstur buahnya keras, dengan rasa asam manis yang legit. Dagingnya berwarna putih kekuningan. Bisa dikukus atau digoreng.

PISANG SIAM

Sekilas pisang ini mirip dengan pisang kapok, tetapi ukurannya lebih pendek. Kulitnya berwarna hijau dan akan menjadi kekuningan saat matang. Dagingnya berwarna putih, pulen bila digigit, rasanya manis agak asam segar. Pisang ini memiliki biji sebesar lada hitam. Biasanya diolah menjadi keripik.

SEPUTAR PISANG

Di supermarket, ada jenis pisang Cavendish yang kulitnya cerah dan mulus. Rasanya seperti pisang ambon, namun harganya relative mahal dibandingkan pisang ambon. Kenapa?

Pisang Cavendish berasal dari Amerika Latin. Pisang ini masih termasuk keluarga pisang ambon. Sering juga disebut pisang ambon putih. Dibandingkan pisang ambon biasa, pisang ini memiliki rasa yang lebih enak, warna kulit lebih cerah dan mulus, serta umur simpan lebih lama karena didapat dari hasil persilangan antara beberapa jenis pisang dengan sifat terbaik. Harganya lebih mahal karena meski sudah dibudidayakan di Indonesia, bibitnya masih impor.

Kenapa pisang yang disimpan dalam lemari es kulitnya menghitam dan terlihat bonyok?

Pisang termasuk buah yang mudah mengalami chilling injuries (rusak bila disimpan dalam lemari es). Karena itu yang paling baik menyimpannya disuhu ruang.

Apakah pisang yang kulitnya berbintik masih layak dimakan?

Pisang yang sudah berbintik cokelat memang memengaruhi estetikanya. Namun, bila bintik cokelat tersebut tidak masuk ke dalam daging buah, tetap layak dikonsumsi. Pisang matang siap santap biasanya memiliki umur simpan relative singkat, hanya 3-5 hari.

Benarkah pisang bisa menurunkan tekanan darah?

Pisang matang kaya akan mineral kalium yang bisa menetralkan kadar natrium (sodium) dalam darah. Natrium yang tinggi di dalam darah menyebabkan darah lebih kental sehingga tekanan darah jadi meningkat.

Benarkah mengkonsumsi pisang yang cukup bisa membuat kulit lebih halus?

Pisang meja boleh dibilang merupakan bahan kosmetik alami. Daging buah pisang sangat baik sebagai pelembap dan pengecil pori-pori kulit. Kalium pada pisang bisa bermanfaat sebagai pelindung kulit dari sinar matahari. Vitamin A,B1,B2,B6,B9,C, dan E, serta asam amino esensial yang ada dalam pisang juga diperlukan bagi pembentukan jaringan kulit atau regenerasi kulit. Dengan begitu, tentu saja kesehatan dan kehalusan kulit akan terjaga.

Kenapa pisang kapok yang sudah dikukus jadi terasa lebih manis daripada sebelum dikukus?

Pisang kapok merupakan jenis pisang olah yang memiliki kandungan pati relative tinggi (lebih tinggi dari pisang meja yang langsung disantap). Selama proses pemasakan (kukus atau goreng), pati akan berubah menjadi gula. Itulah sebabnya, pisang kapok kukus lebih manis daripada sebelum dikukus.

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    irwan diet said,

    Akhirnya ada juga lanjutannya.
    Mav y bru liat!

  2. 2

    Sekedar sharing, bibit pisang Cavendish saat ini telah tersedia di Indonesia tidak perlu impor lagi, bagi yang membutuhkan silakan kunjungi situsnya : http://sl.biotrop.org/index.php/produk-a-jasa/produk-kuljar/pisang-cavendish.html


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: