TEMULAWAK

Semua informasi ini sekadar untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Sebelum melaksanakan suatu pengobatan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Lembaran Informasi ini berdasarkan terbitan New Mexico AIDS InfoNet. Lihat http:// www.aidsinfonet.org/

 

Apakah Itu Temu Lawak?

 Temu lawak adalah semacam jamu yang dibuat dari tanaman Curcuma xanthorrhizae, yang lebih dikenal sebagai temu lawak, dari familia (jenis) Zingiberaceae. Jenis lain dalam familia ini termasuk Curcuma domestica atau Curcuma longa, yang lebih dikenal sebagai kunyit (lihat Lembaran Informasi (LI) 740), Curcuma heyneana atau temu giring, dan Curcuma aeruginosa atau temu hitam. Semuanya mempunyai macam akar yang disebut sebagai rimpang (rhizome), dan biasanya bagian ini yang dipakai untuk membuat jamu. Temu lawak sering dipakai oleh Odha, dan adalah kandungan dalam kapsul

Hepasil (lihat LI 760), yang dipasarkan oleh Kalbe Farma sebagai ‘hepaprotektor’.

 Apakah Kegunaan Temu Lawak?

 Kandungan aktif temu lawak termasuk minyak esensial dan beberapa bahan kimia lain. Tampaknya belum ada penelitian mengenai manfaat temulawak. Menurut ahli jamu, temu lawak dapat dipakai untuk penyakit ginjal, demam, penyakit kuning, gangguan pada getah empedu, dan beberapa masalah lain.

 

Mengapa  Memakai Temulawak?

Jamu ini dipakai oleh praktisi pengobatan alternatif di Indonesia antara lain untuk mengobati penyakit kuning.

Beberapa obat yang dipakai untuk melawan HIV dapat merusak hati. Orang yang terinfeksi hepatitis B atau C (HBV dan HCV) lebih mungkin mengalami masalah hati waktu memakai obat antiretroviral (ARV). Diharapkan temulawak dapat membantu mencegah kerusakan pada hati.

 Bagaimana Temu Lawak Dipakai?

 Satu potong temu lawak sebesar telur ayam diiris-iris, ditambah sebatang pohon meniran (Phyllanthus urinaria), kemudian direbus dengan air empat gelas hingga tinggal tiga gelas.

Setelah dingin minum setengah sampai satu gelas tiga kali sehari, ditambah dengan satu sendokmakan madu.

Apakah Efek Samping Temulawak?

Belum ada laporan mengenai efek samping penggunaan temu lawak. Orang dengan batu empedu atau hambatan pada saluran empedu sebaiknya bicara dengan dokter sebelum memakai temu lawak.

Apakah Temu Lawak Berinteraksi dengan Obat Lain?

 

Tidak tercatat interaksi antara temu lawak dengan ARV atau obat lain. Namun sebaiknya yakinkan dokter mengetahui bila kita memakai temu lawak.

Apakah Temulawak Memberi Manfaat?

Belum ada uji coba klinis terhadap temulawak. Belum ada tanda bahwa temulawak mempunyai tindakan anti- HIV. Beberapa ahli jamu menganggap bahwa temu lawak mempunyai tindakan terhadap hepatitis.

Garis Dasar

Temulawak sudah lama dipakai sebagai jamu untuk mengobati berbagai penyakit. Belum dilaporkan efek samping yang berat atau interaksi yang gawat.

Belum pernah dilakukan uji coba terhadap temu lawak, terutama terhadap HIV atau hepatitis. Oleh karena itu dan kenyataan bahwa jamu ini aman dan murah, tidak ada kesalahan bila Odha ingin coba sendiri, asal harapannya tidak terlalu tinggi.

Beberapa praktisi menganggap bahwa temu lawak dapat mengurangi kerusakan pada hati yang diakibatkan oleh beberapa jenis racun termasuk obat antiretroviral.

Sumber
http://www.i-base.info/itpc/Indonesian/spirita/docs/Lembaran-Informasi/LI741.pdf
Iklan

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    utie said,

    info kesehatannya dilengkapin lagi ya..tips2 olahraga..makan..dll jg boleh tuu

  2. 5

    Wow said,

    Blog yg sehat
    W suka


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: